Sukses

Jokowi: Saya Tiga Tahun Jadi Sales

Jokowi mendapatkan penghargaan spesial dari Mark Plus. Jokowi mengaku sudah lama menggeluti dunia sales.

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi menerima penghargaan spesial award dari lembaga pemasaran Mark Plus. Jokowi mengaku ada persamaan antara marketing produk dengan politik.

"Saya banyak belajar pada Hermawan Kartajaya mengenai masalah pemasaran, marketing produk, brand, promosi, dan lain-lain," kata Jokowi saat memberi sambutan di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Menurut Jokowi, marketing produk dan marketing politik itu tidak ada bedanya. Persamaan yang paling utama tentang bagaimana membangun positioning dan diferensiasi.

"Kemarin saya melakukan itu. Contohnya saat memakai baju kotak-kotak. Itu bentuk diferensiasi yang kemudian dijual ke masyarakat," kata mantan Walikota Solo ini.

Tetapi, Jokowi yang mengaku berasal dari kampung ini mampu menggunakan ilmu marketing Hermawan yang sudah populer. Tujuannya satu, yakni untuk membangun marketing politik yang baik.

"Saya berjualan langsung ke masyarakat, dari kampung ke kampung, dari pintu ke pintu. Yang lain jualan dari panggung ke panggung," kata jokowi. Mengapa Jokowi piawai soal dunia marketing? "Karena dulu saya tiga tahun dari sales," jawab Jokowi yang disambut tawa semua hadirin. (ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini