Sukses

Razia Bakso Daging Babi Tak Hanya di Cipete

Berangkat dari kasus di Cipete, petugas curiga kasus ini juga terjadi di pasar lain di Jakarta.

Penggerebekan pedagang bakso yang mengoplos dagangannya dengan daging babi di Pasar Cipete, Jakarta Selatan sangat mengejutkan. Berangkat dari kasus itu, petugas curiga kasus ini juga terjadi di pasar lain di Jakarta.

"Diduga ini juga ada di pasar-pasar lain, meski sampai saat ini belum terbukti," kata Kepala Suku Dinas Jakarta Selatan Agus Priyambodo, Rabu (12/12/2012).

Subuh tadi, petugas Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan merazia sejumlah lapak penggilingan daging di Pasar Cipete. Razia dilakukan berdasarkan laporan warga terkait beredarnya bakso yang dioplos dengan daging babi.

Hasilnya, 50 kilogram daging babi yang akan digunakan sebagai bahan campuran bakso disita petugas. Petugas juga menyita 10 kilogram daging ayam yang juga akan dioplos ke dalam adonan bakso.

"Tingginya harga daging sapi di pasaran yang sempat melambung selama dua bulan, membuat sejumlah pedagang bakso menyiasati racikan bakso dagangannya dengan mencampur daging babi," ujar Agus.

Dari hasil razia pagi tadi, petugas mengamankan pedagang bakso dan si penggiling daging. Samino Hartono, pedagang bakso mengaku tidak tahu barang dagangannya mengandung daging babi. "Saya tidak tahu kalau bakso yang saya beli mengandung daging babi. Karena saya beli itu harganya lebih murah," ujar Samino.(Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini