Sukses

Kronologi Karamnya KM Alpine di Selat Madura

Kapal motor alpine jenis kargo tenggelam di Perairan Selat Madura, Jawa Timur setelah ditabrak kapal motor Alken Pesat jenis kargo. Peristiwa ini masih dalam penyelidikan polisi.

Balon rambu-rambu telah dipasang Tim SAR Syahbandar Tanjung Priok di titik tenggelamnya kapal motor alpine jenis kargo di Buoy 12, Perairan Selat Madura, Jawa Timur. Tenggelamnya kapal kargo tersebut akibat ditabrak kapal motor Alken Pesat jenis kargo. Hingga kini polisi masih terus menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi saat kapal motor Alken Pesat bergerak untuk bersandar di Dermaga Mirah, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal tersebut baru saja lego jangkar di Perairan Selat Madura setelah dari Kupang NTT. Tiba-tiba kapal motor Alken Pesat menabrak bagian lambung kiri kapal motor Alpine yang sedang lego jangkar di Perairan Selat Madura. Kapal motor Alpine baru datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kondisi kapal motor Alpine yang rusak parah di bagian lambungnya menyebabkan kebocoran hebat. Kapal kargo ini pun akhirnya tenggelam. Nahkoda dan semua anak buah kapal yang berjumlah 18 orang selamat.

Menurut Kepala TU Kantor Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Rabu (12/12/2012) kondisi ini sangat mengganggu jalur lalulintas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.