Sukses

Rombongan Yudhoyono Dihadang Aksi Mahasiswa Madiun

Perjalanan darat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Desa Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun dihadang puluhan mahasiswa. Polisi membubarkan aksi mereka sebelum SBY lewat.

Perjalanan darat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Desa Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dihadang puluhan mahasiswa. Para demonstran mahasiswa yang tergabung dalam Petisi Mahasiswa Madiun Raya menggelar orasi di tengah jalan yang akan dilalui SBY. Presiden Yudhoyono dan rombongan akan mengikuti acara panen raya dan menggelar dialog dengan warga setempat di desa tersebut.

Petisi Mahasiswa Madiun Raya meminta SBY segera menuntaskan kasus korupsi dan menegakkan supremasi hukum, menuntaskan masalah kemiskinan, dan menyelamatkan sumber daya alam dari penguasaan pihak asing. Tuntutan tersebut disampaikan koordinator aksi, Riyanto, Selasa (11/12/2012).

Aksi berubah tegang setelah para mahasiswa tak mau diminta membubarkan diri oleh polisi. Meski sebelumnya, perwakilan dari mahasiswa sempat berdialog dengan aparat keamanan terkait tuntutan aspirasi para pengunjuk rasa.

Polisi akhirnya mendesak para pengunjuk rasa hingga ke kawasan permukiman warga. Mahasiswa yang telah dikepung itu dijaga ketat aparat keamanan selama beberapa jam agar tak mengganggu jalanan yang akan dilalui rombongan RI-1 tersebut. Tak hanya itu, jalanan pun ditutup dengan kendaraan patroli polisi agar tak dilalui para demonstran.

Rombongan Presiden Yudhoyono pun akhirnya melintasi kawasan yang semula dijadikan tempat aksi unjuk rasa kelompok Petisi Mahasiswa Madiun Raya. (Vin)














* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.