Sukses

Pangkalan Militer di Aleppo Direbut Pemberontak

Para pejuang pemberontak Suriah dilaporkan berhasil merebut sebagian besar dari satu kompleks pangkalan militer di Aleppo, Suriah utara.

Meski terus ditekan, kekuatan kelompok pemberontak di Suriah belum terpatahkan. Bahkan, para pejuang pemberontak Suriah dilaporkan berhasil merebut sebagian besar dari satu kompleks pangkalan militer di Aleppo, Suriah utara.

Dalam satu rekaman video yang diunggah di internet, Senin (10/12/2012), terlihat para pejuang pemberontak merebut dan menyita berbagai kendaraan militer, termasuk tank. Para pejuang tampak membawa lambang dan bendera hitam dari kelompok militan Islam. Upaya merebut pangkalan militer ini dipimpin oleh Fron Nusra dan kelompok-kelompok lain yang memiliki hubungan dengan fron tersebut.

Di kota Aleppo sendiri, pemberontak setidaknya masih menguasai separuh kota meski militer pemerintah beberapa kali berupaya memukul mundur mereka. Di kota ini kelompok pemberontak yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Suriah sebagian besar telah digantikan oleh para anggota Fron Nusra.

Situasi ini membuat negara-negara Barat menghadapi dilema. Sebelumnya Barat akan membantu persenjataan canggih ke oposisi Suriah. Namun sekarang mereka tidak yakin apakah persenjataan ini perlu dikirim ke pihak pemberontak.

Fasilitas di Sheikh Suleiman ini tadinya merupakan satu-satunya aset penting yang masih dikuasai pemerintah di kawasan barat Aleppo. Biasa dikenal dengan nama 111, pangkalan militer ini berbatasan dengan Turki.(BBC/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini