Sukses

Mahasiswa UBK Bakar Ban, Menteng Macet Parah

Setelah dari Istana Merdeka, sekitar 50 mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) melanjutkan aksi ke kawasan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (10/12/2012) sore.

Setelah dari Istana Merdeka, sekitar 50 mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) melanjutkan aksi ke kawasan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (10/12/2012) sore. Selain memperingati meninggalnya Sondang Hutagalung, mahasiswa yang membakar diri di depan Istana Negara pada 7 Desember 2011, massa juga menuntut pemerintah menyelesaikan pelanggaran kasus-kasus Hak Asasi Manusia (HAM) yang belum selesai.

"Kami juga mengingatkan rezim SBY bahwa mereka telah gagal, telah hilang nuraninya," ucap Afditya, Humas Keluarga Besar Mahasiswa UBK (KBM UBK) di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (10/12/2012).

Mahasiswa beraksi dengan membawa bendera Indonesia dan spanduk. Mereka juga membakar tiga ban di bahu jalan. Sejumlah polisi lalu lintas tampak berjaga-jaga di sekitar aksi massa.

Akibat aksi tersebut arus lalu lintas pun macet. Padatnya kendaraan tampak dari arah Menteng sampai Jalan Imam Bonjol, sementara dari Tugu Tani memanjang sampai Cikini. Kendaraan yang melintas cuma muat satu mobil mengingat penuhnya massa di jalanan.

Pengunjuk rasa sebelumnya sempat berziarah ke makam Sondang di Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Baru kemudian mereka berdemonstrasi di Istana Merdeka bersama mahasiswa UIN dan Universitas Pamulang. (Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.