Sukses

VIDEO: Aceng Silau Harta, Tahta, Wanita

Politik di Kabupaten Garut masih panas karena warganya menuntut Bupati Aceng HM Fikri mundur dari tahtanya akibat skandal nikah kilat. Kasus Aceng mengingatkan betapa harta, tahta, dan wanita dapat membuat pejabat silau dan tergelincir.

Politik di Kabupaten Garut masih panas karena warganya menuntut Bupati Aceng HM Fikri mundur dari tahtanya akibat skandal nikah kilat. Kasus Aceng mengingatkan betapa harta, tahta, dan wanita dapat membuat pejabat silau dan tergelincir.

Padahal sebelumnya, senior Aceng, mantan Bupati Garut Dede Satibi pernah mengingatkan pada masa awal jabatan Aceng untuk menjaga baik-baik urusan keluarganya.

"Omah dolah kawin deui, kamu jangan kawin lagi. Tiga kali datang, tiga kali saya ingatkan itu," kata Dede di Garut, Sabtu (8/12/2012).

Sedangkan Fani Oktora, istri 4 hari Aceng, kini lebih ceria setelah diakui sebagai mantan istri Aceng dan saling berdamai dengan tidak melaporkan skandal ini ke kepolisian. Kasus nikah kilat ini pun menjadi menjadi pelajaran bagi Fani.

"Kaum perempuan jangan terlalu termakan janji-janji manis. Karena janji manis itu tidak selalu berbuah manis," ucap Fani.

Tak hanya Aceng yang silau tahta, harta, dan wanita. Kaum Adam tergelincir ketiga hal tersebut bahkan sudah menjadi kisah klasik sepanjang masa dan lintas negara.

Dalam sejarah masa lampau pun, cukup banyak raja, pejabat, dan tokoh yang tergelincir karena pengaruh wanita. Sebut saja Ken Dedes dari Singosari yang membuat Ken Arok terpeleset, Cleopatra di Mesir yang membuat Julius Caesar terpuruk, belum lagi cerita Samson yang kehilangan tenaganya akibat Delilah.

Negara adidaya pun tak lepas dari virus tahta, harta, dan wanita. Pada November 2012, Kepala Central Intelligence Agency (CIA) Jenderal David Petraeuos terpaksa mundur karena tertangkap berselingkuh dengan penulis biografinya, Paula Broadwell. Akibat perselingkuhan ini, Petraeuos menghancurkan karir dan reputasi dirinya yang pernah cemerlang dalam Perang Irak dan Afghanistan.

Presiden AS Bill Clinton juga pernah tergelincir karena wanita. Perselingkuhannya dengan pegawai magang Gedung Putih Monica Lewinsky meruntuhkan citranya. Beruntung Clinton mempunyai istri seperti Hillary yang tetap tegar dan setia. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.