Demi Selamatkan PSSI, SBY Harus Cari Pengganti Andi

on

Kursi Menpora yang ditinggalkan Andi Mallarangeng harus segera diisi. Ini demi menyelamatkan nasib PSSI yang terbengkalai karena kisruh di dalam badan yang mengurusi persepakbolaan tanah air ini.

Pengamat politik dari Indo Barometer Mohammad Qodari menuturkan, Presiden SBY harus segera menetapkan Menpora pengganti Andi yang mundur dari jabatannya lantaran menjadi tersangka kasus korupsi proyek Hambalang. Segudang pekerjaan rumah dan polemik terkait kisruh PSSI-KPSI dan nasib sepakbola Indonesia ada di tangan Kemenpora.

"Jadi secepatnya. Supaya beberapa persoalan yang penting sekali seperti nasib sepakbola Indonesia segera ditangani. Karena kan itu harus ada yang meng-handle," kata Qodari di Cikini, Jakarta, Sabtu (8/12/2012).

Selama Andi menjabat, lanjut dia, persoalan-persoalan di tubuh organisasi sepakbola Indonesia sudah ditangani dengan cukup baik. Tercatat pelaksanaan kongres luar biasa hingga mediasi antara PSSI dan KPSI untuk merespons deadline FIFA terselenggara.

"Namun ketika Andi tidak di sana, lalu siapa yang akan melanjutkannya? Posisi Menpora itu harus secepatnya dibuat definitif. Jangan dianggurkan," saran dia.

Qodari menilai, jika jabatan Menpora tidak diisi secepatnya dan mengandalkan Menko Kesra Agum Gumelar untuk memegang fungsi di dalam Kemenpora, maka hal itu akan memberatkan kerja Menko Kesra. "Karena di Kemenpora sendiri ada banyak pe-er besar lagi, banyak yang harus segera dihadapi," imbuh dia.

Pada Jumat kemarin, Andi mengundurkan diri sebagai Menpora. Presiden SBY menerima dan menyetujuinya. SBY kemudian menunjuk Menko Kesra Agung Laksono untuk menjalankan tugas Menpora sementara, sebelum mendapatkan pengganti Andi. (Ndy)
Suka artikel ini?

0 Comments