Sukses

VIDEO: Pascakerusuhan, Situasi Manokwari Kembali Normal

Situasi Kota Manokwari, Papua Barat, kembali normal pascakerusuhan yang terjadi Rabu kemarin. Sebelumnya, aktivitas di kota lumpuh akibat protes warga terhadap tindakan polisi menembak mati seorang buronan.

Suasana di Manokwari, Papua Barat, Kamis (6/12/2012), kembali normal pasca kerusuhan kemarin. Ruas jalan Yos Sudarso, Jalan Merdeka dan Jalan Siliwangi, yang sebelumnya diblokir bisa dilalui meski masih terlihat sisa-sisa aksi pembakaran.

Pantauan Liputan 6 SCTV, sejumlah aparat Brimob Polda Papua masih melakukan patroli di dalam kota, beberapa personil TNI juga ikut mengamankan perkantoran dan perbankan. 

Sementara itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo menyatakan pihaknya beserta TNI terus bersiaga guna menormalkan situasi di Manokwari. "Situasi memang penuh dinamika, tapi Alhamdulillah masalah hari ini bisa diselesaikan dengan baik dan masyarakat bisa mengerti. Langkah berikutnya adalah pembinaan dan perbaikan fasilitas yang rusak," ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Mabes Polri, Jakarta.

Sebelumnya, Rabu 5 Desember 2012 kemarin, suasana di Manokwari, mencekam. Ratusan warga membakar tiga pos polisi dan merusak sejumlah fasilitas publik di sepanjang jalan jalan Yos sudarso, Jalan Merdeka hingga Jalan Siliwangi. Blokade jalan yang dilakukan massa membuat situasi semakin kota mencekam, pertokoan dan pusat perbelanjaan pun tutup.

Kerusuhan ini dipicu tewasnya seorang warga buronan kasus pencurian akibat ditembak polisi, beberapa waktu lalu. Menurut polisi, korban yang kabur dari Lapas Manokwari, Agustus lalu, mencoba melepaskan tembakan dari senjata rakitan hingga akhirnya dilumpuhkan. Warga yang menilai tindakan polisi berlebihan memprotes hingga melakukan perusakan. (ADI) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini