Sukses

Peringkat 118, RI Jauh dari Bersih Korupsi

Indonesia berada di peringkat 118 dari 176 negara. Itu artinya jauh dari bersih korupsi. Bahkan jika dirunut dari bawah, Indonesia mendapat posisi ke-58 negara terkorup.

Lembaga survei internasional yang berada di Berlin, Jerman, Transparency International (TI) merilis hasil survei kebersihan negara-negara di dunia berdasarkan tingkat korupsinya. Indonesia berada di peringkat 118 dari 176 negara. Itu artinya jauh dari bersih korupsi. Bahkan jika dirunut dari bawah, Indonesia mendapat posisi ke-58 negara terkorup.

"Penyidikan dan penindakan kasus korupsi skala harus terus didorong. Pelemahan terhadap KPK harus dihentikan. Kemandirian dan kredibilitas kejaksaan, kepolisian, dan pengadilan dalam menangani kasus pidana korupsi harus lebih ditingkatkan," ujar Sekjen TI Indonesia Natalia Soebagjo di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis (6/12/2012). Turut hadir Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang diwakili oleh Mardiyanto dan Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono.

Hasil survei menyebutkan negara-negara di Eropa masih memimpin perolehan tertinggi sebagai negara terbersih di dunia dari tingkat korupsi. Posisi pertama negara terbersih di dunia diisi oleh Denmark, Finlandia, dan Selandia Baru. Ketiga negara ini memimpin dengan skor Corruption Perception Index (CPI) sebesar 9 dari skala 0-10. Dengan hasil tersebut, negara ini dapat dikatakan sebagai negara yang sangat bersih, hampir mendekati sempurna.

Bersama Ekuador, Mesir, dan Madagaskar, Indonesia berada di peringkat 118 dengan skor CPI sebesar 3,2. Bila dibandingkan dengan hasil survei tahun lalu, sebenarnya Indonesia mengalami peningkatan poin sebesar 0,2. Namun peringkat Indonesia yang sebelumnya berada pada urutan 100 mengalami penurunan sebesar 18 peringkat. Hal ini terjadi karena negara-negara lain mengalami peningkatan kualitas dalam pemberantasan korupsi di negaranya.

Sementara dari kawasan ASEAN, Singapura muncul di peringkat ketiga, berada tepat di bawah Swedia. Hanya beda tipis satu poin dari Swedia, yakni 8,7 untuk Singapura. Perolehan ini cukup membanggakan bagi negara ASEAN.

Ada delapan negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang masuk ke dalam survei tersebut. Indonesia berada di peringkat 6. Posisi teratas diisi berturut-turut oleh Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina. Sementara 2 negara yang masih berada di bawah Indonesia adalah Vietnam dan Myanmar. (NDY/SSS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini