Sukses

Misteri Lokasi Mirip Segitiga Bermuda di Nevada

Ada lebih dari lebih dari 2.000 pesawat menghilang dalam kurun waktu 60 tahun di "Segitiga Nevada".

Selama puluhan tahun istilah "Segitiga Bermuda" mempesona banyak orang, dengan kemisteriusan dan aura mistisnya. Sebuah wilayah imajiner yang menghubungkan  tiga wilayah laut yakni  Bermuda, Puerto Riko, dan Miami di Amerika Serikat. Di tempat itu tak terhitung banyaknya pesawat dan kapal yang dilaporkan hilang.

Ternyata tak hanya di lautan, ada tempat lain yang juga jadi misteri. Disebut sebagai "Segitiga Bermuda" daratan, yang meliputi wilayah Central Valley, AS.

Entah benar misterius atau sekedar mitos, sebuah lanskap mematikan, yang meliputi Central Valley mengundang banyak tanya, juga intrik selama beberapa dekade. Tempat di mana pilot dan pesawat terbang lenyap. Mirip Segitiga Bermuda.

Nathan Magsig, Ketua Komisi Pemanfaatan Lahan Bandara Fresno menceritakan kisah tentang ayahnya, seorang pilot berpengalaman yang selama bertahun-tahun bergabung di angkatan udara, menerbangkan pesawat F4 dan F101.

Pada 6 November 1998, sang ayah, Lowell, melakukan penerbangan terakhirnya. Pria asal Clovis itu terbang dari Nevada menuju Bandara Chandler di Fresno. Sebuah rute yang melewati pegunungan Sierra yang terkenal ganas. Dengan puncaknya yang tinggi, angin berbahaya, dan turbulensi.

"Tampaknya badai aneh terjadi, pesawat yang dikemudikan ayahku menabrak Gunung Goddary. Tiga orang dalam pesawat tewas," kata Magsig.

Setelah enam hari pencarian intensif, para korban dan pesawat ditemukan. Namun, penyebab pastinya masih jadi misteri hingga saat ini.

Apapun itu, Magsig menepis dugaan UFO. "Saya benar-benar tidak percaya bahwa ada alien atau sesuatu di luar sana tiba-tiba datang dan mengejutkan pesawat itu dengan listrik," kata dia, seperti dimuat situs Ksee24.com

Cuaca Atau UFO?

Pegunungan Sierra berada di area yang disebut "Segitiga Nevada". Yang luasnya 25.000 mil persegi. Fresno berada di sudut barat daya. Di sana lebih dari 2.000 pesawat menghilang dalam kurun waktu 60 tahun.

"Salah satunya pada tahun 1941 lalu, di mana pilot berhasil diselamatkan namun pesawat tempur yang ia tunggangi tak pernah ditemukan," kata sejarawan kecelakaan pesawat, G. Pat Macha.

Hasil penelitian Pat Macha menemukan 550 kecelakaan pesawat di  High Sierra. Dan penyebabnya adalah: "cuaca, cuaca, dan cuaca," kata dia.

Namun, tak semua orang yakin, hanya faktor cuaca yang jadi penyebabnya. Jeffrey Gonzalez, yang menjalankan Sanger Paranormal di Central Valley mengatakan, Segitiga Nevada, seperti halnya Area 51 dan pangkalan militer China Lake, adalah titik UFO.

"Sesuatu telah terjadi di Segitiga Nevada. Ada UFO yang sering terlihat, bentuk segitiga yang aku yakini sebagai rahasia militer. Aku yakin ada sesuatu di sana."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.