Sukses

VIDEO: Dibubarkan Paksa oleh Ormas, Waria Adukan ke Komnas HAM

Sekelompok orang yang mengaku dari FPI membubarkan pergelaran budaya yang digelar oleh Forum Komunikasi Waria Indonesia (FKWI). Alasannya tak ada izin. FKWI pun akan mengadu ke Komnas HAM.

Sekelompok orang yang mengaku dari Front Pembela Islam membubarkan pergelaran budaya yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Waria Indonesia (FKWI). Alasannya, ketika itu tak ada izin. Akibatnya penyelenggaraan yang seharusnya digelar 3 Desember berujung pada pembatalan.

Kasus pelarangan penyelenggaraan pergelaran budaya FKWI itu terjadi di Kuningan, Jawa Barat. Rencananya gelar budaya FKWI akan berlangsung di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan. Tapi mendadak ada sekelompok orang yang mengaku dari ormas keagamaan FPI membubarkan aktivitas mereka secara paksa. Setelah dipertimbangkan, akhirnya panitia memutuskan acara tersebut dibatalkan.  

Ketua FKWI, Mami Yuli, Rabu (5/12/2012) membantah pernyataan kelompok ormas tersebut terkait tak adanya perizinan soal kegiatan keramaian. Para waria yang juga bagian dari warga negara seperti masyarakat anak bangsa lainnya merasa kecewa dengan polisi yang tak berbuat apa-apa ketika peristiwa terjadi.   

FKWI berencana mau mengadukan persoalan tersebut ke Komnas HAM. Mami Yuli mengatakan, pihaknya meminta bantuan hukum dari YLBHI Jakarta untuk mendampingi mereka saat menyampaikan pengaduan pelanggaran HAM oleh ormas keagamaan tersebut ke lembaga hak asasi manusia itu. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini