Karya Bhakti TNI di Musala Jambangan

  • Citizen6
  • 0
  • 05 Des 2012 15:08

121205aberitakolinlamil.jpg
Citizen6, Kendal:  Tentara bagian dari rakyat. Hakikat ini disadari betul oleh jajaran Kodim 0715/Kendal, yang belum lama ini terlibat secara nyata dalam Karya Bhakti yang dilakukan Koramil 05 Cepiring. Mereka ikut membantu warga Dukuh Jambangan, Kelurahan Botomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah membangun musala.

Karya Bhakti yang dilaksanakan, pada 5 Desember 2012, dipimpin langsung oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) Cepiring, Kapten Inf Hadi Purnomo. Ia menurunkan 1 peleton pasukan untuk membantu masyarakat Dukuh Jambangan yang sedang merenovasi musala di dukuh tersebut.
              
Diawali dengan upacara adat desa "Selamatan" , para tentara berdoa bersama seluruh warga sebelum memulai kerja bakti. Kekompakan nampak terasa di lapangan. Penduduk dan tentara saling bahu-membahu mengaduk dan mengangkat adonan semen dan batu, walau hanya dengan menggunakan peralatan sederhana, seperti ember plastik dan wadah bambu. Sementara yang lainnya memperbaiki genteng dan menyiapkan kusen serta tiang dari kayu.
                
"TNI adalah milik rakyat.  Jadi dimana pun dibutuhkan kami siap membantu sekuat tenaga. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kemanunggalan dan peran aktif tentara di tengah warga," papar Danramil.
                
Musala yang dibangun sekitar 1970-an dan terletak di Dukuh Jambangan tersebut memang sudah saatnya direnovasi dan diperluas. Disamping fisik bangunannya banyak yang lapuk dimakan usia, pertambahan penduduk juga merupakan faktor yang membuat rumah ibadah ini harus diperbaiki.  

"Kami ucapkan terimakasih kepada TNI karena sudah ikut menyumbangkan tenaga dan pemikiran untuk merenovasi musala ini," ungkap Kyai Kamsari, tokoh desa Jambangan. (Aryo Widianto)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler