Sukses

Puluhan Ribu Buruh Beraksi, Hindari Jalan Ini

Sebanyak 20 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan turun ke jalan.

Buruh kembali turun ke jalan. Sebanyak 20 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) akan berunjuk rasa di sejumlah tempat di Jakarta, Rabu (5/12/2012). Masyarakat diimbau untuk menghindari beberapa ruas jalan ibu kota.

Informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro jaya, menyebutkan, demo besar-besaran itu digelar di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Istana Negara, Gedung DPR/MPR, Mabes Polri, dan beberapa Kedutaan Besar seperti Malaysia, Jepang, Italia, Singapura, Australia, dan Korea Selatan.

TMC Polda Metro Jaya pun mengimbau agar masyarakat pengguna jalan menghindari beberapa ruas jalan seperti, Jl. MH Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Merdeka Utara, Jl. S Parman, Jl. Gatot Subroto, Jl. Trunojoyo, dan Jl. HR Rasuna Said.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, kepada Liputan6.com mengatakan, tuntutan unjuk rasa buruh ini di antaranya mendesak Pemerintah dan Kedubes Korea untuk menindak tegas perusahaan yang melanggar undang-undang. "Khususnya PT Samsung yang anti-union dan menggunakan outsourcing," ujar Said.

Selain itu, lanjut Said, aksi kali ini juga menuntut kepada pemerintah dan Kedubes Jepang dan Korea agar mempekerjakan kembali buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di perusahaan itu.

Sementara untuk rencana unjuk rasa di Mabes Polri, imbuh Said, akan mendesak Mabes Polri agar membebaskan sejumlah pimpinan buruh yang saat ini tengah diamankan kepolisian akibat aksi unjuk rasa sebelumnya. (MUT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini