Sukses

KY Setor 12 Nama Calon Hakim Agung ke DPR Rabu

Komisi Yudisial (KY) akan menyerahkan 12 nama calon hakim agung ke DPR, Rabu (5/12/2012).

Komisi Yudisial (KY) akan menyerahkan 12 nama calon hakim agung ke DPR pada Rabu 5 Desember 2012. Menurut Ketua KY Eman Suparman, nama-nama tersebut merupakan hasil seleksi dari jumlah sebelumnya yang mencapai 19 orang.

"Setelah melakukan pleno, mewancarai calon hakim agung, akhirnya KY berhasil memilih 19 hakim menjadi 12 orang," kata Eman yang didampingi komisionernya, Taufiqurrahman Syahuri, di Gedung KY, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2012).

"Siapa pun yang terpilih oleh DPR nanti, nama-nama KY tersebut kami menyerahkan semuanya ke DPR," sambung dia.

Eman meyakini nama-nama yang diajukan ke anggota parlemen adalah yang terbaik. "Kami yakin track record mereka semua. Kalau pun nanti ada yang bermasalah, jangan salahkan KY," ujar Eman.

Kedua belas calon hakim agung tersebut, jelas dia, 11 di antaranya berasal dari hakim karier. Sedangkan satu lainnya berasal dari kalangan akademisi.

"Dari 12 calon hakim yang diajukan akan dipilih oleh anggota DPR menjadi 4 orang. Yaitu calon hakim agung untuk pidana 2 orang, untuk perdata 1 orang, dan hakim tata usaha negara 1 orang," kata Eman.

Berikut 12 nama calon hakim agung:
1. Amriddin
2. Mayjen Burhan Dahlan
3. Desnayeti
4. Heru Iriani
5. I Gusti Agung Sumanatha
6. James Butarbutar
7. Made Rawa Aryawan
8. Maria Anna Samiyati
9. Muhammad Daming Sunusi
10. Ohan Burhanuddin
11. M. Syarifuddin
12. Wahidin.
(ALI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini