Sukses

VIDEO: Menteri Agama Sebut Nikah 4 Hari Aceng Tak Etis

Menteri Agama, Suryadharma Alie berpendapat, pernikahan adalah hal yang sakral, tak bisa dipermainkan.

Pernikahan kilat Bupati Garut, Aceng Fikri dengan Fany Octora (18) menuai sejumlah komentar, dari warga kebanyakan, selebritis, hingga para pejabat negeri.

Menteri Agama, Suryadharma Alie berpendapat, pernikahan adalah hal yang sakral, tak bisa dipermainkan. Meski perceraian itu halal dalam agama Islam, caranya harus baik. "Kalau nikah hanya empat hari diceraikan, tidak etis," kata dia seperti ditayangkan Liputan6 pagi SCTV, Selasa (4/12/2012).

Apa yang dilakukan Aceng Fikri tidak sepatutnya. "Itu merendahkan martabat perempuan," kata dia.

Semalam saat menghadap Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Aceng mengakui, bahwa benar ia menikahi Fany hanya empat hari. Lalu menceraikannya.

Namun, Aceng membantah keras tudingan pihak Fany yang menyatakan ia melakukan kekerasan, salah satunya dengan menyekap perempuan berkerudung itu. "Saya malah kasihan dengan yang bersangkutan," kata Aceng, Senin malam, setelah menemui Gubernur Heryawan.

Saat ditanya apakah ia akan melaporkan balik Fany, Aceng tak mengiyakan. "Jangan sampai terjadi saling lapor," kata dia.

Aceng menambahkan, 16 Agustus lalu masalah pernikahan kilatnya dengan Fany sudah selesai. "Dengan pernyataan yang dibuat dan ditandatangani mantan istri saya. Bukti persoalan berakhir."

Aceng Fikri menikahi Fany Octora pada 16 Juli 2012 lalu secara siri. Namun 4 hari kemudian Aceng menceraikan Fany lewat SMS. Aceng beralasan perempuan berusia 18 tahun tersebut sudah tidak perawan lagi saat malam pertama. (EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.