Seminar Sehari Bersama Kodim 0618/BS

  • Citizen6
  • 0
  • 02 Des 2012 21:47

121203cseminar.jpg
Citizen6, Bandung: Kodim 0618/BS menyelenggarakan Seminar Sehari, dengan mengangkat tema "Upaya Mewujudkan Babinsa Sebagai Panutan Bagi Masyarakat di Era Globalisasi."Kodim 0618/BS Seminar ini dilaksanakan di Aula Makodim Jalan Bangka Bandung dan dihadiri oleh 200 peserta. Pesertanya terdiri dari para Para Danramil, Perwira Staf Kodim, para Camat, Lurah, Babinsa,  Pengurus Ormas, dan OKP se-wilayah Kota Bandung. Pembicara pada seminar ini adalah Dandim 0618/BS Letkol Inf Ujang Sudrajat yang diwakili Kasdim 0618/BS Mayor Inf Drs. Mukhlisin, Waaster Kasdam III/Slw Letkol Inf Bahram, dan Waka Pendam III/Siliwangi Letkol Inf Isa Haryanto.
 
Dandim 0618/BS Letkol Inf Ujang Sudrajat dalam ceramahnya yang dibacakan Kasdim 0618/BS pada, Jumat 30 November 2012, mengungkapkan pentingnya mewujudkan sinerjitas di antara tiga pilar aparatur negara di wilayah kelurahan. Pilar-pilar tersebut antara lain Lurah, Babinsa, dan Babinkamtibmas dalam menciptakan stabilitas. Menurutny, dengan sinerjitas tersebut berbagai potensi konflik sosial di wilayah terutama yang disebabkan oleh keterbatasan akses dari masyarakat terhadap sumber-sumber kehidupan,  bisa diantisipasi dan diatasi secara profesional dan proporsional.
 
Sementara itu, Waaster Kasdam III/Siliwangi Letkol Inf Bahram dalam materinya menekankan pentingnya Babinsa mengenal secara mendalam karakteristik wilayah dan masyarakat yang berada di wilayah tugasnya. Dengan pengenalan tersebut para Babinsa dapat memberikan kontribusi solutif yang tepat terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Untuk itu, para Babinsa perlu berupaya mengembangkan wawasan dan lima kemampuan teritorialnya. Sehingga tugas pokok sebagai Babinsa bisa
dilaksanakan dengan optimal dalam membuka ruang, alat, dan kondisi juang yang kondusif bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan di wilayah tugasnya.
 
Sedangkan Waka Pendam III/Slw Letkol Inf Isa Haryanto sebagai pembicara terakhir yang mengangkat topik tentang Eksistensi Babinsa sebagai Public Relations Satuan, mengungkapkan bahwa dalam diri seorang Babinsa terletak tanggung jawab untuk turut menciptakan citra dan opini positif  TNI Angkatan Darat di mata masyarakat. Babinsa harus dapat memainkan peran-peran sosial yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Pada konteks ini Babinsa dapat melaksanakan peran advokasi bagi masyarakat. Selain itu juga dapat memainkan peran pemberdayaan masyarakat. Peran-peran tersebut menurutnya dapat diwujudkan apabila para Babinsa memiliki empati dan kepedulian yang tinggi untuk turut memberi solusi terhadap persoalan-persoalan masyarakat di wilayah pembinaannya. Berbagai pertanyaan dan apresiasi diajukan para peserta menyangkut kebijakan reformasi birokrasi internal TNI. (Pendam III/Slw)
Terpopuler