Sukses

VIDEO: Menikmati Keunikan Burung Kokokan di Desa Petulu

Jika Anda sedang mencari objek wisata unik di Pulau Dewata, Anda bisa mengunjungi dan melihat keunikan burung bangau liar atau burung kokokan di Desa Petulu.

Jika Anda sedang mencari objek wisata unik di Pulau Dewata, Anda bisa mengunjungi dan melihat keunikan burung bangau liar atau burung kokokan di Desa Petulu yang berlokasi sekitar lima kilometer di bagian utara Ubud, Gianyar, Bali.

Uniknya, burung kokokan tidak bisa ditemukan di desa lain meski berdekatan dengan Desa Petulu. Walaupun jumlah burung kokokan sangat banyak, warga setempat tidak terganggu dengan keberadaan burung kokokan. Bagi para petani, burung kokokan justru membantu mereka membasmi hama.

Sejak 1965, desa ini menjadi habitat alami burung kokokan. Tak terhitung lagi jumlah burung di desa ini. Semua berkembang biak dengan caa membuat sarang di pepohonan di tepi jalan, tapi mereka tidak mau menyentuh pohon yang jauh dari jalan.

Namun, jangan coba-coba untuk menangkap atau memburunya, Anda akan dikenakan sanksi karena burung-burung ini diyakini membawa berkah bagi masyarakat setempat. Bahkan di masa Orde Baru, penghargaan Kalpataru pernah diberikan sebagai objek wisata yang perlu dijaga habitat dan kelestariannya. Anda bisa menikmati dengan puas keunikan habitat burung kokokan tanpa tiket masuk alias gratis. Jangan lupa untuk membawa topi agar tidak terkena kotorannya. (FRD)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini