Sukses

Pesawat Kargo Kongo Tergelincir, 30 Tewas

Pesawat kargo tergelincir saat melakukan pendaratan di bandara Brazzaville, Kongo. Menyebabkan 30 orang warga termasuk awak pesawat tewas.

Sebuah pesawat kargo mengalami kecelakan karena tergelincir saat mendarat di Bandara Brazzaville, Kongo. Menyebabkan 30 orang warga termasuk awak pesawat tewas.

Menurut keterangan petugas pelayanan darurat dan saksi, insiden tersebut terjadi saat pesawat pengangkut barang itu berusaha mendarat dalam cuaca badai, pada Jumat (30/11) malam waktu setempat.

Kepala pelayanan darurat, Georgelin Massemba, mengatakan pesawat kargo itu tergelincir keluar landasan pacu dan menabrak sejumlah rumah serta sebuah bar di Kongo. Pesawat nahas itu lalu masuk ke jurang.

Sebelumnya pada Jumat, 30 November, petugas pelayanan darurat menyebutkan jumlah korban tewas berkisar 20 orang. Termasuk awak pesawat sekitar tiga atau empat orang, yang tewas dalam kebakaran.

Beberapa saksi juga mengatakan sekitar 20 orang lainnya mengalami cedera, dan telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Pesawat kargo Ilyushin yang jatuh itu terdaftar milik perusahaan lokal Aero-services, yang tiba di Brazzaville dari kota pelabuhan wilayah barat, Pointe Noire, dengan membawa mobil dan barang-barang lain.

Seorang wartawan di lokasi musibah mengungkapkan, kecelakaan itu terjadi saat badai. Dua jam setelah kecelakaan tersebut, petugas pemadam kebakaran masih berusaha memeriksa puing-puing untuk mencari korban. Sebab meski umumnya digunakan untuk mengangkut barang, pesawat itu terkadang juga membawa penumpang selain awak pesawat.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini