HUT Organisasi Papua Merdeka, Jayapura Normal

  • Peristiwa
  • 0
  • 01 Des 2012 07:38

opm-papua-merdeka121122b.jpg

Hari ini, Sabtu (1/12/2012), bertepatan dengan hari bersejarah bagi sejumlah kelompok di Papua, yakni Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Aktivitas warga Kotamadya Jayapura, Papua berlangsung normal seperti hari-hari biasa.

Hingga Sabtu pagi pukul 08.45 WITA, berbagai kegiatan rutinitas warga ibu kota provinsi Papua itu dan sekitarnya berjalan lancar dan kondusif. Seperti yang terjadi di pasar Youtefa yang merupakan pasar induk penerima berbagai hasil bumi dari sejumlah daerah. Kegiatan di tempat jual beli ini berlangsung aman.

Begitu juga di pelabuhan, sekolah, angkutan umum, ojek-angkot, stasiun pengisian bahan bakar umum pertokoan serta perkantoran swasta tetap beroperasi seperti biasa.

Sementara, di halaman kantor Gubernur Provinsi Papua tengah dilaksanakan jalan santai memperingati hari HIV/AIDS sedunia. Acara ini diikuti sejumlah pria, wanita muda dan dewasa hingga anak-anak dan keluaraga termasuk berbagai instansi terkait dan TNI/POLRI.

"Hari ini seperti hari lainya, yah kegiatan saya seperti biasa bekerja," kata Ny Marisan warga, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, seperti dilansir ANTARA.

Menurut dia, meskipun ada sejumlah pihak yang memperingati HUT OPM berupa ibadah syukuran di Sentani, Kabupaten Jayapura, hal itu tidak akan menggangu aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga, termasuk anak-anak yang bersekolah.

"Saya rasa aparat keamanan telah bekerja dengan baik, dan memberikan jaminan keamaman yang sebagaimana mestinya," katanya.

Sama halnya dengan di Biak. Hingga Sabtu pagi pukul 07.35 WIT berbagai kegiatan rutinitas  warga kota Biak sekitarnya berjalan lancar dan kondusif. Aktivitas warga Biak seperti di pasar, bandara, pelabuhan  sekolah, angkutan umum ojek dan angkot, stasiun pengisian bahan bakar umum, pertokoan dan perkantoran swasta tetap beroperasi seperti sebelumnya.

Meski demikian, sejumlah aparat keamanan TNI/Polri sejak H-1 masih melakukan patroli dan siaga mengantisipasi aksi yang tidak diinginkan terkait pelaksanaan hari ulang tahun Papua Barat dan organisasi OPM/TPN hingga H-2.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya mengatakan, situasi dan kondisi di wilayah Papua pada umumnya aman dan terkendali termasuk di Kotamadya Jayapura.

"Dan belum ada laporan kegiatan masyarakat yang menonjol terkait 1 Desember," ujar I Gede. (RIZ)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler