Sukses

VIDEO: Banjir Kepung Wilayah Bekasi

Hujan lebat selama sekitar 3 jam pada Jumat (30/11/2012) malam, membuat kota dan kabupaten Bekasi bagai dikepung banjir.

Hujan lebat selama sekitar 3 jam pada Jumat (30/11/2012) malam, membuat kota dan kabupaten Bekasi bagai dikepung banjir. Banyak kawasan permukiman dan perumahan tergenang dengan ketinggian air hingga satu setengah meter.

Lokasi perumahan yang tergenang air antara lain Komplek Dosen IKIP di Jatibening, Perumahan Titian Indah Bekasi Utara, Perumahan  Alexindo di Medan Satria, Perumnas  Tiga, Perumahan Taman Narogong Indah, Bumi Bekasi Baru, Perumahan Duren Jaya, Komplek Angkatan Laut Jatiwarna,  dan Perumahan  Graha Prima Tambun.

Sebagian warga yang rumahnya terendam air, segera memindahkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman. Bahkan ada di antara mereka  yang terpaksa mengungsi.

Selain hujan lebat, penyebab banjir lainnya ialah buruknya sistem drainase. Di sebagian perumahan, lebar saluran air sekunder hanya 50 centimeter. Di beberapa titik, badan sungai lebarnya hanya 3 meter. Situasi ini diperparah penyempitan badan kali dan jembatan. Air pun menjadi terhambat sehingga menggenangi rumah warga.

Banjir membuat sebagian jalan seperti sungai. Banyak sepeda motor maupun mobil mogok akibat terjebak banjir.

Hingga Sabtu (1/12/2012) dini hari, sebagian warga masih bertahan di  rumah. Warga berharap,  pemda secepatnya bertindak mengatasi banjir. Misalnya dengan memperluas  badan kali sehingga air mengalir lancar. (ALI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.