Sukses

Jelang HUT OPM, Tidak Ada Penambahan Personel TNI

Aparat keamanan sudah mengambil langkah antisipasi dan pencegahan gangguan keamanan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2012.

Aparat keamanan sudah mengambil langkah antisipasi dan pencegahan gangguan keamanan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2012.

"Setiap mau ulang tahun, selalu ada langkah-langkah atau upaya menunjukan eksistensinya. Untuk itu, seluruh aparat di daerah sudah mengambil antisipasi pencegahan agar masalah tersebut dapat terkelola dengan baik," kata Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Letnan Jenderal TNI Marciano Norman Marciano di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Namun, Marciano menjelaskan tidak ada penambahan kekuatan dari aparat keamanan. Hanya mengandalkan kekuatan aparat keamanan yang ada.

"Kami sudah berkoordinasi dengan aparat, Panglima, dan gubernur untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak ada penambahan (personil), kita gunakan kekuatan yang sudah ada," kata Jenderal lulusan Akademi Militer tahun 1978 ini.

Belakangan, situasi di Papua memanas. Ini terutama dipicu penyerangan terhadap Markas Kepolisian Sektor Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, Selasa (27/11/2012) pagi. Sekelompok orang mengeluarkan tembakan yang menyebabkan dua polisi tewas dan satu lainnya hilang. Salah seorang polisi yang tewas adalah Kapolsek Pirime.

Kemudian, rombongan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Tito Karnavian terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata di Desa Indawa, Distrik Tiom, Kabupaten Lany Jaya, Papua, Rabu (28/11/2012) sore.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini