Sukses

Makan Bareng, Romney Ucapkan Selamat ke Obama

Dua tokoh yang bertarung di pemilihan presiden Amerika Serikat 6 November 2012, Barack Obama dan Mitt Romney akhirnya makan bareng di Gedung Putih

Dua tokoh yang bertarung di pemilihan presiden Amerika Serikat 6 November 2012, Barack Obama dan Mitt Romney akhirnya makan bareng di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (29/11/2012) waktu setempat.

Obama yang kembali terpilih menjadi presiden mengundang rivalnya, Romney di jamuan makan siang ruang pribadi presiden.

Makan bareng ini bersifat tutup. Hanya ada Obama dan Romney. Tak ada satupun media yang meliput langsung acara pribadi dua tokoh besar Negeri Paman Sam itu.

Romney meninggalkan Gedung Putih pukul 13.41 waktu setempat. Saat itu, baik Obama maupun Romney bungkam di hadapan media.

Kendati demikian, pihak Gedung Putih sempat memberitahu sedikit apa yang dilakukan Obama dan Romney.

"Romney mengucapkan selamat kepada Obama atas keberhasilannya dalam pemilu kemarin. Dia berharap Obama bisa memerintah negara dengan baik dalam empat tahun kedepan.

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney menegaskan, pertemuan ini sudah menjadi tradisi Gedung Putih, dimana presiden terpilih harus tetap merangkul lawan politiknya.

Namun, menurut Carney, Obama tidak bermaksud untuk mengajak Romney masuk dalam pemerintahannya. Obama hanya melakukan apa yang telah diucapkannya di malam pemilihan.

"Pertemuan ini merupakan perbincangan biasa Pak Presiden dengan Gubernur Romney seperti yang dijanjikan sewaktu malam pemilihan," ungkap Carney, seperti dilansir Washington Post, Jumat (30/11/2012). (RZK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.