Sukses

Video: Pembebasan Lahan Tol Semarang-Solo Ricuh

Kericuhan mewarnai pembebasan lahan yang akan digunakan jalan tol Semarang-Solo di Desa Lemah Ireng, Semarang, Jawa Tengah.

Kericuhan mewarnai pembebasan lahan yang akan digunakan jalan tol Semarang-Solo di Desa Lemah Ireng, Semarang, Jawa Tengah. Warga yang terkena proyek tersebut menolak eksekusi tersebut.

Kericuhan muncul saat petugas datang membawa alat berat. Ibu-ibu dan nenek-nenek yang melihatnya langsung menangis histeris melakukan penolakan. Meraka menghadang alat berat yang akan digunakan untuk meratakan tanah.

Warga menilai eksekusi ini masih cacat hukum. Karena kasus ini masih dalam proses kasasi di Mahkamah Agung. Masyarakat pun menolak melepaskan tanahnya karena belum ada kesepakatan harga.

Masyaraakt menilai harga yang ditetap emerintah sebesar Rp 65 ribu hingga Rp 120 ribu per meter terlalu kecil. Mereka meminta ganti rugi sebesar Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu per meter.

Dalam esekusi tanah tersebut, dua kompi Satpol PP dan ratusan petugas dari Polres Semarang dan Polda Jateng dikerahkan untuk mengamankan lokasi. (ALI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.