Sukses

Sweeping Buruh SPSI di Surabaya Sempat Ricuh

Ratusan buruh dari SPSI melakukan sweeping ke sejumlah pabrik di kawasan Rungkut Industri Surabaya. Massa memaksa para buruh pabrik bergabung dalam aksi di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Ratusan buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) mendatangi sejumlah pabrik di kawasan Rungkut Industri Surabaya. Mereka melakukan sweeping dan pemaksaan terhadap para buruh lain untuk bergabung dalam aksi unjuk rasa di kantor gubernur Jawa Timur.  

Aksi sweeping tersebut sempat diwarnai ketegangan. Sejumlah buruh yang melakukan sweeping memanjat pagar pabrik dan memaksa buruh lain untuk bergabung. Beberapa buruh pabrik yang tak mau ikut bergabung dalam aksi terlibat adu mulut dengan mereka yang memaksa ikut aksi.

Menurut Ketua DPC SPSI Kota Surabaya, Marwan, Kamis (29/11/2012) demonstrasi ini menuntut kenaikan UMK Kota Surabaya yang harus lebih tinggi dari Rp 1,8 juta. Selain itu, para buruh juga menyerukan kepada Polrestabes Surabaya agar membebaskan rekan-rekan mereka yang ditahan.

Usai mensweeping sejumlah pabrik, para buruh segera bergerak ke Kantor Gubernur Jawa Timur. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini