Sukses

Warga Kampung Sawah Blokir Jalan, Lalin Macet

Hingga saat ini, pukul 10:47 WIB, ribuan demonstran dari Kampung Sawah masih menutup Jalan Cakung-Cilincing, Jakarta Utara

Hingga saat ini, pukul 10:47 WIB, ribuan demonstran dari Kampung Sawah masih menutup Jalan Cakung-Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2012). Akibatnya, lalu lintas di sekitarnya macet parah.

Jalan dari Cilincing ke Cakung terpaksa dialihkan ke jalur sebaliknya. Jalan yang awalnya satu arah ini berubah menjadi dua arah.

Para warga Kampung Sawah menggelar unjuk rasa tersebut untuk menolak rencana penggusuran kediaman mereka oleh pemerintah.

Selain itu, warga juga menuntut pemerintah DKI Jakarta agar mengakui mereka sebagai warga ibukota. Mereka meminta pemerintah segera membentuk RT dan RW sebagaimana yang dilakukan terhadap warga Tanah Merah, Koja.

Puluhan anggota polisi bersiaga di lokasi unjuk rasa. Mereka memegang gas air mata yang siap ditembakkan apabila terjadi kerusuhan.

Sempat terjadi media antara warga dan pihak kecamatan. Hasilnya, rencana penggusuran ditunda dan pengadaan RT dan RT akan diproses.

Namun, hasil kesepakatan dinilai belum adil, sehingga warga masih berkumpul di Jalan Cakung-Cilincing.Mereka tetap meminta penggusuran dibatalkan agar bisa menetap pemukiman yang telah didiami selama puluhan tahun.

Sementara itu, perwakilan dari demonstran sedang menuju Kantor Walikota Jakarta Utara di Jalan Yos Sudarso untuk meyatakan tuntutan mereka. (RZK)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.