Sukses

Seni Kuda Renggong, Kuda Diajak Pencak Silat

Pernah menonton kuda bisa diajak pencak silat seperti manusia? Hal ini bisa dilihat dalam Festival Tahunan Kesenian Kuda Renggong yang digelar di Kota Sumedang.

Pernah menonton kuda bisa diajak pencak silat seperti manusia? Hal ini bisa dilihat dalam Festival Tahunan Kesenian Kuda Renggong yang digelar di Kota Sumedang, Jawa Barat pada 25 November 2012 kemarin.

Kesenian ini mempertunjukkan kelihaian kuda melakukan berbagai macam atraksi yang tak biasa kita temui, yakni adu silat antara kuda dengan pawangnya. Kuda yang tampil dalam pertunjukkan ini telah dilatih khusus untuk melakukan atraksi gerak oleh pelatihnya.

Budaya Kuda Renggong sendiri berawal dari tradisi mengarak anak setelah disunat. Kesenian ini kemudian berkembang menjadi seni pertunjukan. Kuda pun dihias dengan berbagai ornamen, diiringi musik gamelan sunda dipadu dengan tarian tradisional Jawa Barat. (RZK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.