Sukses

Dosen Penipu Investasi Online Ditangkap

Seorang dosen perguruan tinggi swasta ditangkap jajaran Polda DIY karena diduga melakukan penipuan investasi melalui media online.

Seorang dosen perguruan tinggi swasta yang juga konsultan dan pemilik sejumlah warnet di Yogyakarta ditangkap jajaran Polda DIY karena diduga melakukan penipuan investasi melalui media online. Hanya dengan investasi sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu, para korbannya dijanjikan keuntungan hingga lebih dari Rp 3 miliar rupiah hanya dalam waktu 4 bulan.

Direskrimsus Polda DIY membekuk Tohir Ismail, dosen sebuah pts yang tinggal di Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta setelah menyelidiki empat situs yang dimilikinya. Yakni, asiakita dot com, asia bersama dot kom, investasi mandiri dot com dan mandiri kita dot com. Empat website ini diduga dijadikan alat penipuan investasi karena menggunakan tampilan dan nama yang mirip dengan dua bank ternama di tanah air.

Dalam situs tersebut, tersangka menjanjikan keuntungan hingga Rp 3 miliar pada investor yang mau menginvestasikan uang dengan kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. Keuntungan itu bisa diperoleh investor dengan cara mencari masing-masing empat investor lain.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan sebuah laptop berisi data para investor dan sembilan buku rekening bank yang terdiri dari tiga rekening BCA dan enam rekening Bank Mandiri. Atas perbuatannya itu, tersangka bakal dijerat dengan pasal berlapis, yaitu Undang-Undang ITE tentang penipuan, penggelapan, dan kejahatan pencucian uang.

Tohir diketahui sudah beroperasi sejak tahun 2005 dengan nasabah mencapai lebih dari 150 ribu orang. Dana investasi yang dikumpulkan mencapai Rp 4 miliar rupiah.

Namun, tersangka melalui kuasa hukumnya membantah telah melakukan penipuan. Sebab, bisnis investasi tersebut dijalankan dengan saling menguntungkan. (RZK)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.