Sukses

Ledakan Tambang di Cina Tewaskan 18 Pekerja

Sebanyak 18 pekerja tambang tewas akibat ledakan gas dan batu bara di tambang batubara di Provinsi Guizhou, barat daya Cina. Lima orang terjebak masih terjebak di dalam tambang.

Liputan6.com, Beijing: Sebanyak 18 pekerja tambang tewas akibat ledakan gas dan batu bara di tambang batubara di Provinsi Guizhou, barat daya Cina, Sabtu  (24/11/2012) waktu setempat. Lima orang dilaporkan masih terjebak di dalam tambang.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.55 saat 28 pekerja sedang bekerja di bawah tanah tambang Xiangshui. Regu penolong yang tiba segera mengevakuasi korban. Sekitar pukul 21.00 waktu setempat, lima pekerja diselamatkan dan satu pekerja diantaranya dalam kondisi kritis. Lembaga Keselamatan Kerja Negara Bagian mengirim Wakil Direkturnya Fu Jianhua, yang juga Kepala Lembaga Keselamatan Tambang Batu Bara Negara Bagian, untuk mengawasi pertolongan dan penyelidikan.

"Dinas Keselamatan Kerja Negara Bagian memerintahkan penyelidikan dan menuntut hukuman berat bagi mereka yang bertanggungjawab," kata seorang pejabat keselamatan setempat yang tak ingin disebutkan identitasnya, seperti yang dilansir Kantor Berita Xinhua.

Untuk diketahui, tambang batu bara yang dioperasikan Pannan Coal Exploitation Co. Ltd. Tambang itu beroperasi sejak 2006 dengan hasil awal empat juta ton per tahun, sementara estimasi endapan batu bara sebanyak 1,3 miliar ton. (ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.