Sukses

Ricuh di Kutai Barat, 800 Aparat Disiagakan

Sebuah kios dibakar massa. Buntut kejadian pengeroyokan warga saat antre BBM di Barong Tongkok, Kutai Barat.

Liputan6.com, Samarinda: Ricuh terjadi di Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur, Sabtu (24/11/2012) malam. Sebuah kios dibakar hingga hangus oleh warga. Sebagai buntut dari kejadian pengeroyokan salah satu warga saat mengisi BBM jenis Premium di APMS (Agen Premium dan Minyak Solar) Jumat lalu.

"Penyebab awal adalah perselisihan, dipicu satu orang yang dipukuli, dikeroyok hingga memar," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur,  Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta kepada Liputan6.com, Minggu (25/11/2012) dini hari.

Tiga pelakunya langsung ditahan hari itu juga. "Oleh Polres Kutai Barat yang bertindak cepat," kata dia.

Namun, pasca kejadian itu, terjadi konsentrasi massa. Rupanya ada yang tak puas. "Sehingga satu kios dibakar massa hingga hangus. Satu kios lainnya hanya kena sedikit," tambah Wisnu.

Selain upaya hukum, jalan perdamaian juga diusahakan agar konflik tak meluas. Kapolres terus berusaha mempertemukan para tokoh," tambah Wisnu. 

Hingga Sabtu malam jelang dini hari, situasi telah terkendali. "Didukung hujan deras, massa sudah kembali dan situasi sudah terkendali," kata dia.

Meski demikian aparat masih disiagakan di lokasi kejadian. "Ada dari Polres Kutai Barat, Brimob, dari Samarinda, bantuan dari Polres Kutai Kartanegara, Dalmas, dan ditambah pasukan TNI. Jumlah sekitar 800-900 personel," tambah Wisnu. (EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.