Sukses

Masjidil Haram Bangun Jembatan, Tawaf Makin Mudah

Masjidil Haram kembali berbenah dengan membangun jembatan tawaf untuk memberi kenyamaan bagi jemaah dalam beribadah.

Liputan6.com, Jakarta: Masjidil Haram kembali berbenah dengan membangun jembatan tawaf untuk memberi kenyamaan bagi jemaah dalam beribadah. Suwondo, salah seorang supervisor pekerjaan tersebut di Mekah, Jumat (23/11/2012), mengatakan jembatan tersebut diharapkan sudah bisa digunakan pada Ramadan 2013.

Saat ini terdapat dua jalur masuk yang sedang dipagar agar tidak mengganggu jemaah yang sedang beribadah. Jembatan tawaf itu akan dibangun dengan sistem knock down agar tidak mengganggu proses tawaf dan bisa dipasang atau dibongkar dalam tiga hari. Lebar jalan atau jembatan tawaf itu 12 meter, dengan diameter pada lingkaran terluar 94 meter dan lingkaran dalam 70 meter.

Dengan demikian terdapat tambahan luas area 3.000 meter persegi. Total beban jembatan itu 200 ton, sehingga beban per meter perseginya menjadi 60 kilogram. Akses ke jembatan tersebut pertama dari Pintu King Abdul Azis, kedua dari Pintu Umrah, dan jalan keluarnya pada pintu di antara keduanya dengan tinggi jembatan 2,7 meter.

Kerajaan Saudi juga sedang membangun perluasan Masjidil Haram di depan Hotel Dar Al Tawhid yang diperkirakan akan menambah daya tampung masjid menjadi lima juta jamaah. Sementara sejumlah hotel di sekitar masjid juga sedang giat didirikan dan akses ke masjid akan dipermudah dengan kereta listrik cepat dari Jeddah dan Madinah.

Suwondo yang merupakan pekerja pada Saudi Bin Laden Corp itu mempersilakan untuk melihat penambahan jalur tawaf tersebut di kanal YouTube dengan kata kunci "Perluasan Kawasan Tawaf Masjidil Haram".(Ant)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.