Sukses

Luapan Kali Pesanggrahan Rendam Sejumlah Wilayah Jakarta

Akibat hujan deras dan banjir kiriman, sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir, seperti di Bintaro, Cipulir, serta Ciputat.

Liputan6.com, Jakarta: Akibat hujan deras dan banjir kiriman, sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir. Derasnya debit air Kali Pesanggrahan akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan Bogor, Jawa Barat, membuat tanggul di Kompleks IKPN Bintaro tak mampu menahan luapan air, Kamis (22/11/2012) petang. Banjir pun menggenangi jalan dan rumah warga hingga ketinggian satu meter lebih.

Khawatir ketinggian air semakin naik, warga pun mulai dievakuasi menggunakan perahu karet. Warga juga membawa sejumlah barang berharga untuk diselamatkan.

Meluapnya Kali Pesanggrahan pun memicu banjir di Pasar Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Meski ketinggian air hanya mencapai 30 sentimeter, para pedagang memilih untuk menutup toko. Pedagang memilih mengemasi dagangannya untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Luapan Kali Pesanggrahan juga mengakibatkan banjir di perumahan mewah Cirendeu Permai, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Akibat banjir kiriman dari Bogor, ratusan rumah tergenang banjir setinggi satu meter lebih.

Tim SAR dan Taruna Siaga Bencana Kota Tangsel langsung mengevakuasi warga, terutama manula dan anak-anak, dengan menggunakan perahu karet. Meski upaya evakuasi terus dilakukan petugas, tidak sedikit warga yang memilih bertahan di dalam rumah sambil menjaga harta benda mereka.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.