Sukses

Pangkalan Artileri Suriah Dikuasai Pemberontak

Pemberontak Suriah mengatakan mereka menguasai kawasan penting, termasuk pangkalan artileri di Suriah bagian timur yang berbatasan dengan Irak.

Liputan6.com, Mayadin: Pemberontak Suriah mengatakan mereka menguasai kawasan penting, termasuk pangkalan artileri di Suriah bagian timur yang berbatasan dengan Irak. Pangkalan berhasil direbut setelah terjadi konfrontasi selama 21 hari. Lebih dari 40 tentara pemberontak dilaporkan tewas dalam pertempuran.

Seorang komandan militer pemberontak mengatakan pangkalan artileri yang terletak di pinggiran Kota Mayadin, Provinsi Deir al-Zor, jatuh ke tangan pemberontak Kamis (22/11/2012) pagi waktu setempat.

"Seluruh wilayah pedesaan dari perbatasan Irak dan sepanjang Furat hingga Kota Deir al-Zor sekarang berada di bawah kekuasaan pemberontak," kata Abu Laila dari Dewan Revolusioner Militer.

Organisasi yang berafiliasi dengan oposisi juga mengukuhkan jatuhnya kawasan di Provinsi Deir Ezzor.

"Daerah di timur Deir Ezzor, di perbatasan Irak, sekarang menjadi kawasan terluas di seluruh negeri yang lepas dari tangan militer," kata direktur Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahman.

Sejauh ini pemerintah Suriah belum memberikan konfirmasi.

Pangkalan artileri di Mayadin merupakan pangkalan penting bagi pemerintah berkuasa. Dengan jatuhnya pangkalan ini dan dan daerah sekitarnya, maka pemberontak sekarang menguasai kawasan luas yang membentang di lembah Furat, mulai dari perbatasan Irak hingga ke ibu kota provinsi Deir az-Zor, sekitar 50 kilometer ke arah barat laut. Pemberontak juga menguasai sejumlah daerah di sekitar Aleppo, kota terbesar Suriah.(BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini