Sukses

Tak Terlihat Polwan Jagai Aksi Demo Buruh di Bundaran HI

Demo kelompok buruh dari berbagai aliansi yang menamakan diri Majelis Pekerja Buruh Indonesia kembali memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Polisi mengawal jalannya aksi, namun tak terlihat Polwan.

Liputan6.com, Jakarta: Aksi demo buruh berulang terjadi, termasuk unjukrasa hari ini. Demo kelompok buruh dari berbagai aliansi yang menamakan diri Majelis Pekerja Buruh Indonesia kembali memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Massa berencana bergerak ke arah Istana Negara sekitar pukul 12.00 WIB.

Ketua Federasi Serikat Buruh Indonesia, Bayu, Kamis (22/11/2012) mengatakan aksi massa buruh ini diikuti oleh 8 federasi, di antaranya FSBI, OPSI, PSK, PARKES, FPSI, dan KSBSI.

Fokus tuntutan para buruh kepada pemerintah adalah terkait Peraturan Menteri Tenaga Kerja soal alih daya atau outsourching, kelayakan upan serta jaminan kesehatan seumur hidup yang harus segera diwujudkan. Majelis Pekerja Buruh Indonesia juga menolak RUU Keamanan Nasional dan upaya gugatan APINDO soal upah minimal provinsi.

Aksi buruh yang diikuti sedikitnya 4.000 orang ini berlangsung damai. Terlihat beberapa polisi mengamankan jalannya aksi, namun tak tampak adanya Polisi Wanita atau Polwan yang ikut berjaga-jaga. Massa para demonstran yang memadati jalanan mengakibatkan arus lalulintas ke arah Istana Negara macet. Sementara jalanan ke arah sebaliknya menuju kawasan Semanggi dan Sudirman lancar. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini