Sukses

10 Ribu Buruh Bekasi Serentak ke Jakarta

Buruh dari Bekasi berangkat dari dua titik, kawasan industri MM2100 dan Ejip.

Liputan6.com, Bekasi: Sekitar sepuluh ribu buruh Bekasi bergerak menuju Bundaran Hotel Indonesia untuk menggelar aksi demonstrasi. Mereka bergerak serentak melewati jalan tol Cikarang Barat.

Buruh berkumpul di dua titik, yakni kawasan industri MM2100 dan Ejip. Sekitar 48 mobil bus dan mobil kecil terkonsentrasi di kawasan Ejip dan 30-an lainnya berkumpul di kawasan industri M2100.

Mereka membawa sejumlah tuntutan yang salah satunya ditujukan pada Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia (Apindo). Di antaranya, "kami menuntut Apindo untuk menghapus upah murah serta sistem outsourcing," kata koordinator aksi, Nurdin di Bekasi, Kamis (22/11/2012). 

Nurdin juga minta pemerintah dan aparat penegak hukum tegas. "Jatuhkan sanksi hukum kepada pihak perusahaan yang tidak memenuhi aturan," tegas Nurdin.

Buruh dari Bekasi akan bergabung dengan ribuan kaum pekerja lain dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) . Dari Bundaran HI mereka akan bergerak ke Istana Merdeka. Total, ada 11 tuntutan yang akan disampaikan pada pemerintah, juga Apindo. (NDY/EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.