Sukses

Brimob Jaga Kantor Jokowi dari Demo Buruh

Sekitar 50 personel brimob tiba di Balai Kota DKI Jakarta untuk mengantisipasi adanya demo buruh.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan ribu buruh dari Bekasi dan Jakarta berencana menggelar demonstrasi. Meski titik konsentrasi aksi berlangsung di Bundaran HI dan Istana Merdeka, namun kantor Jokowi juga dijaga Brimob.

Pantauan liputan6.com, sekitar 50 personel Brimob tiba di Balai Kota DKI Jakarta, sekitar pukul 09.45 WIB, Kamis (22/11/2012). Mereka turun dari empat truk. Meski demikian belum ada kabar buruh juga akan menggelar aksinya di Balai Kota.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Jokowi tengah menerima pemaparan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Budihastuti mengenai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di dalam Balai Kota. Sebelumnya, mantan Walikota Surakarta ini kedatangan tamu dari Jepang bersama Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi Sutanto Soehodo.

Para buruh akan melakukan aksi nasional untuk melawan gugatan Upah Minimum Kota/Kabupaten/Provinsi ke Pengadilan Tata Usaha Negara yang dilayangkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Serikat pengusaha ini memohon peninjauan ulang Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi seputar tenaga alih daya, tuntutan menjalankan Jaminan Kesehatan dan Pensiun, serta menolak Rencana Undang-Undang Keamanan Nasional yang membahayakan gerakan buruh. (RZK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.