Sukses

1.000 Angkot Parkir, Jalan Menuju Grogol Macet Parah

Sekitar seribu armada angkutan kota (angkot) menghentikan operasionalnya guna menuntut perda soal retribusi yang dicabut. Mereka memarkir kendaraannya di sekitar lampu merah dan terminal dalam kota Grogol, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta: Sekitar seribu armada angkutan kota (angkot) menghentikan operasionalnya guna menuntut perda soal retribusi yang dicabut. Mereka memarkir kendaraannya di sekitar lampu merah dan terminal dalam kota Grogol, Jakarta Barat. Kondisi ini menyebabkan ruas jalan dari Jelambar menuju Grogol macet parah. Penumpang yang tidak sabar pun memilih berjalan kaki.

Pantauan Liputan6.com, arus lalu lintas dari Jelambar menuju Grogol macet total sejak sekitar pukul 09.00. Dalangnya adalah parkirnya angkot-angkot tersebut di lampu merah Grogol, di seberang Mal Ciputra. Mereka memakan bahu jalan dan hanya menyisakan satu ruas jalan saja. Tidak cukup menampung sekitar 1.000 armada, Terminal Grogol pun dipilih sebagai tempat parkir kendaraan. Sementara para sopir beristirahat di Halte Busway Grogol.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Jakarta Barat menurunkan sekitar 300 personelnya ke Grogol. "Kami hanya membantu memfasilitasi dan memberi pelayanan agar unjuk rasa tidak merugikan masyarakat lain. Kami memahami perasaan mereka. Beberapa jalur dari Cengkareng sudah bisa dialihkan ke tempat lain seperti melalui Jelambar, Pesing, dan Green Garden," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Suntana di Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Ketika dikonfirmasi mengenai kapan unjuk rasa berakhir, ia belum bisa memastikan. "Tergantung negosiasi teman-teman yang sedang rapat di Balai Kota. Jika sudah ada titik temu mereka akan membubarkan diri," ujar Suntana.

Informasi yang dihimpun, ada 10 trayek angkot yang sempat mogok. Kesepuluhnya adalah Kopaja 616 jurusan Cempedak-Blok M, Kopaja 20 jurusan Lebak Bulus-Senen, Kopaja 502 jurusan Kampung Melayu-Tanah Abang, Kopaja 95 jurusan Rawabokor-Taman Anggrek, Kopaja 93 jurusan Kalideres-Tanah Abang, Kopaja 87 jurusan Kalideres-Muara Angke, Mikrolet 17 jurusan Grogol-Kebayoran, KWK 05 jurusan Pasar Minggu-Rawajati, KWK 14 Grogol-Rawa Buaya, KWK 03 Grogol-Meruya. (NDY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini