Sukses

Banjir 2 Meter Merendam Sebagian Kampung Melayu

Buruknya drainase perkotaan menyebabkan banjir di beberapa lokasi di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Musim hujan belum memuncak, namun hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin telah mampu menenggelamkan sebagian wilayah Kampung Melayu dan sekitarnya.

Air dengan ketinggian dua meter merendam RW 3, Kampung Pulo, terutama rumah yang berada di sekitar bantaran sungai. Memaksa warga mengevakusi diri ke bagian rumah yang lebih tinggi.Aktivitas pun lumpuh. 

"Air naik sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu malam. Warga mengungsikan barang-barang ke lantai dua," kata ketua RT setempat, Puji, Senin (19/11/2012)

Dia mengatakan, sejak semalam, peringatan bahwa air akan naik telah diterima warga. Imbauan itu datang dari pihak Kelurahan yang mengumumkan, air di Bendungan Katulampa dan Depok sudah tinggi. "Dari semalam sudah siap-siap, barang dinaikkan ke lantai dua, sepeda motor diungsikan ke pinggir jalan," jelas Puji.

Menurut informasi, ada empat RT dan 14 RT yang terendam banjir. Hingga pagi ini belum ada laporan warga diungsikan akibat musibah ini. Juga belum diketahui apakah ada warga yang menjadi korban.

Sementara, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan deras kemarin memicu banjir di sebagian Jakarta dan Sukabumi, Jawa Barat.

"Di Jakarta, puluhan rumah di lima RT di Rawajati Pancoran, Jaksel dan Cawang, Jaktim banjir akibat luapan Sungai Ciliwung," kata dia dalam rilis yang diterima Liputan6.

 Beberapa ruas jalan di Jakarta seperti Cempaka Putih, Petamburan, Tomang, dan lainnya juga  terendam air. "Buruknya drainase perkotaan menyebabkan banjir di beberapa lokasi." (EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.