Sukses

Januari Puncak Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Bada Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan puncak musi, hujan diperkirakan Januari 2013

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Bada Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan puncak musi, hujan diperkirakan Januari 2013."Wilayah di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara serta sebagian Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi akan mencapai puncak hujan pada Januari 2013," ujar Sutopo dalam siaran pers tertulisnya, Senin (19/11/2012) pagi.

Kendati, kata Sutopo, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hijan normal, namun ancaman banjir akan tetap tinggi saat Januari hingga Maret 2013. Ia menjelaskan, pemanasan global telah berpengaruh terhadap meningkatnya intensitas hujan. Melimpahnya uap air dari laut akibat temperatur air laut yang makin hangat, maka pasokan uap air bertambah sehingga curah hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Banjir, banjir bandang, longsor dan puting beliung harus diwaspadai hingga akhir musim penghujan nanti," tegasnya.

Sutopo menambahkan, BNPB telah memetakan seluruh wilayah rawan banjir dan longsor. Peta telah diberikan kepada seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah se-Indonesia. Masyarakat juga dapat memperoleh peta secara gratis dengan mengakses website  www.bnpb.go.id dan tersedia tips-tips antisipasi banjir dan longsor. "Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor diminta tetap waspada," imbuhnya. (ARI) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini