Sukses

Inggris Peringatkan Israel atas Serangan ke Gaza

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague memperingatkan Israel atas segala serangannya ke Jalur Gaza.

Liputan6.com, Gaza: Menteri Luar Negeri Inggris William Hague memperingatkan Israel atas segala serangannya ke Jalur Gaza. Menurutnya, serangan besar yang dilancarkan Israel ke Jalur Gaza dapat menghilangkan simpati pihak Internasional ke negara tersebut.

"Ini tentu saja adalah proposisi yang berbeda. Perdana menteri (David Cameron) dan saya sama-sama menekankan kepada rekan-rekan kami Israel bahwa pilihan invasi darat ke Gaza akan memperburuk keadaan dan memperpanjang konflik. Israel akan kehilangan simpati dari pihak internasional, termasuk Inggris," kata Hague, seperti dilansir AFP, Ahad (18/11/2012).

Kendati demikian, Hague menyatakan Hamas adalah pihak yang bersalah atas konflik saat ini. "Pandangan kami sangat jelas bahwa rentetan roket dari Gaza ke Israel selatan adalah situasi tak tertahankan bagi Israel dan sudah sewajarnya bila Israel menanggapinya dengan cara itu," katanya.

Hague menambahkan, Inggris berharap disepakatinya gencatan senjata antar kedua pihak, terutama menghentikan serangan roket.

"Bagi Inggris, gencatan senjata adalah langkah penting untuk berdamai. Tapi, dengan belum adanya gencatan senjata, kami tentu menyerukan kepada semua pihak yang terlibat untuk menghindari korban jiwa dari warga sipil demi mematuhi hukum kemanusiaan internasional," katanya. (RZK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.