Sukses

Indonesia Book Fair 2012 Diserbu Ribuan Pengunjung

Penerbit asing juga berpartisipasi dalam ajang ini. Dari Malaysia, Singapura, Iran, Korea, dan China.

Liputan6.com, Jakarta:  Ajang Indonesia Book Fair 2012 di Istora  Senayan, Jakarta disambut antusias oleh para pecinta buku. Ribuan orang berdatangan di hari pertama, pasca dibuka secara resmi oleh menteri Kordinator dan Kesejahteraan, Agung laksono, Sabtu (17/11/2012).

"Sudah ada sekitar 2.000 orang sejak pembukaan berlangsung. Kami menargetkan 200.000 pengunjung sampai akhir pameran 25 November nanti," ujar sekretaris panitia acara, Djadja Subagdja, di sela-sela acara. 

Dia menambahkan, Indonesia Book Fair 2012 diselenggarakan atas kerjasama antara Ikatan Penerbit Indonesia dengan Perpustakaan Nasional.

Djadja menjelaskan, tujuan utama peneyelanggaraan pameran ini selain mencerdaskan masyarakat juga untuk meningkatkan interaksi antara masyarakat pecinta buku dengan penerbit-penerbit. Selain itu, juga diharapkan terjalin hubungan lebih baik antara penerbit Indonesia dengan penerbit asing.

"Penerbit asing yang datang kali ini dari Malaysia 4 penerbit, Singapura 2 penerbit, Iran 1 penerbit, China 1 penerbit, dan Korea 4 penerbit. Sementara penerbit dalam negeri ada 62 penerbit serta 13 lembaga perpustakaan dan instansi," jelasnya.

Dia menambahkan, sebuah ruangan khusus disiapkan mewadahi kerjasama antara penerbit luar dan penerbit Indonesia.

Ia berharap, dengan banyaknya penerbit yang berpartisipasi, juga membuka peluang tinggi bagi penulis untuk bekerjasama dan berinteraksi langsung dengan mereka.

"Pada pameran ke-32 ini ada bursa buku, bursa naskah yang memberikan kesempatan pengunjung buntuk menawarkan naskahnya kepada penerbit, untuk mewadahi kerjasama hak cipta antara
penerit-penerbit Indoeinsia dengan mancanegara," ujarnya.

Pameran ini juga diramaikan pameran perpustakaan, dan badan arsip dari berbagai provinsi dan instansi di Indonesia serta pameran komik dan workshop.

"Pada pembukaan acara, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) juga memberikan penghargaan kepada penulis terbaik buku Chairul Tanjung, penggerak budaya literasi kepada Media Indonesia, karena mereka telah memberikan sumbangan positif dan nyata bagi kemajuan dunia perbukuan Indonesia," paparnya.

Sama halnya tahun-tahun sebelumnya, pameran yang bertema The Power of Creativity kali ini menghadirkan tamu yang berbeda dari setiap provinsi. Kali ini yang jadi tamunya adalah  Wakil Gubernur beserta jajaran Provinsi Kalimantan Timur. (ROM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini