Sukses

Demokrat Harapkan Prabowo Dukung Dede Yusuf-Lex Laksamana

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R Sulandjana berharap Prabowo Subianto mendukung bakal pasangan cagub dan cawagub Jabar 2013 yang diusung partainya, yakni Dede Yusuf dan Lex Laksamana.

Liputan6.com, Bandung: Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R Sulandjana berharap Prabowo Subianto mendukung bakal pasangan cagub dan cawagub Jabar 2013 yang diusung partainya, yakni Dede Yusuf dan Lex Laksamana. Ia berharap Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu dapat memberikan sumbangan untuk pasangan tersebut.

"Hingga saat ini, belum ada yang 'nyumbang'. Tapi ya kalau berharap (Prabowo memberikan sumbang) boleh 'kan, namanya juga berharap," kata Iwan R Sulandajana, usai menghadiri Seminar "Ti Sunda Keur Indonesia" di Kantor Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Kota Bandung, Sabtu (17/11/2012).

Iwan juga berharap, para petinggi dan kader yang mengusung Dede Yusuf-Lex Laksamana bisa ikut memberikan sumbangannya baik secara material ataupun non material demi pemenangan pasangan tersebut.

"Kami akan menerapkan mekanisme yang transparansi terkait sumbangan yang masuk ke Demokrat untuk mendukung Dede-Lex saat kampanye," ucap Iwan.

Sementara itu, sebelumnya, pengamat politik dari Centre for Strategic dan International Studies (CSIS) Philips Vermonte mengatakan, Dede Yusuf yang diusung Partai Demokrat akan diuntungkan sebagai kandidat petahana (incumbent) yang menguasai resource di birokrasi. Namun, aktor kawakan tanah air tersebut harus berbagi dengan Ahmad Heryawan, gubernur saat ini. Bersama Deddy Mizwar, Ahmad Heryawan akan menjadi rival Dede Yusuf.

Kendati demikian, lanjut Philips, posisi Partai Demokrat sekarang sedang tidak bagus karena sejumlah kasus korupsi yang menjerat para kadernya. "Bisa jadi, Dede akan maju dengan menyamarkan elemen Partai Demokrat-nya. Ini juga yang terjadi di beberapa daerah," kata Philips.

Ketika Ketua DPD Partai Demokrat Jabar berharap sumbangan bagi bakal pasangan cagub/cawagubnya, hal berbeda terjadi pada pasangan cagub/cawagub Jabar dari PDI Perjuangan.

Belum lama ini, seorang relawan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan sumbangan berupa pinjaman sebuah mobil untuk pasangan Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki untuk kepentingan kampanye di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 201-2018 mendatang.

"Benar sudah ada salah seorang relawannya Pak Jokowi yang mau kasih pinjam sebuah mobil kepada kami," ujar Rieke Dyah Pitaloka, beberapa waktu lalu.

Rieke menambahkan, Jokowi akan memberikan ratusan kemeja kotak-kotaknya kepada dirinya dan Teten Masduki. "Kemeja kotak-kotak ini adalah bantuan langsung dari Pak Jokowi sebagai simbol untuk meneruskan semangat perjuangannya di Pilgub Jabar, usai Pak Jokowi bertarung di Pilkada DKI Jakarta," katanya.

Selain dari Jokowi dan relawannya, lanjut Rieke, bantuan juga datang dari beberapa pihak lain. Menurut pemeran "Oneng" di Sinetron Komedi "Bajaj Bajuri" itu,  banyaknya bantuan ini dikarenakan ia dan Teten Masduki sebagai pasangan yang 'miskin' di antara bakal pasangan cagub/cawagub Jabar lainnya.

"Kami di sini tidak lihat dari jumlah besar-kecilnya sumbangan. Namun, kami melihat semangat untuk mendukung perubahan dan kemajuan di Jabar. Saya aturkan rasa terima kasih pada semua pihak yang akan membantu," ujar Rieke. (ANT/RZK)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini