Sukses

Bentrok Dipicu Isu Aliran Sesat di Bireuen, 3 Tewas

Awalnya sekitar 500 orang mendatangi ke rumah Tengku Aiyub, yang diduga mengajarkan aliran sesat.

Liputan6.com, Jakarta: Bentrok antarwarga yang dipicu dugaan penyebaran aliran yang dianggap sesat terjadi di Kecamatan Plimbang, Kabupaten Bireun, Aceh, Jumat malam hingga Sabtu dini hari tadi.

Akibatnya korban jiwa melayang. "Korban 3 orang meninggal dunia dan luka-luka 10 orang," kata Kapolres  Bireuen, AKBP Yuri Karsono kepada Liputan6.com, Sabtu 17 November 2012.

Bentrok dipicu kedatangan sekitar 500 orang ke rumah Tengku Aiyub, 47 tahun, seorang guru ngaji yang diduga menyebarkan aliran sesat.

"Namun pada saat massa hendak mendekati rumah, mendapat perlawanan dari Tengku Aiyub dan pengikutnya dengan menggunakan sebilah parang. Sehingga menyebabkan 1 orang meninggal dunia dan 9 orang luka-luka dari pihak massa," jelas Kapolres.

Personel polisi yang berjaga di lokasi sempat berusaha menghadang massa, untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak. " Namun massa semakin beringas karena korban telah jatuh. Jumlah massa semakin bertambah menjadi sekira 1.500 orang," tambah Kapolres.

Polisi hanya berhasil mengamankan seorang pengikut Aiyub yang luka parah. Namun, Aiyub sendiri bersama seorang pengikutnya tewas dihakimi massa.

Aksi massa juga menyebabkan kerugian material berupa bangunan rumah dan satu unit mobil avanza. "Setelah itu massa mulai membubarkan diri. Situasi saat ini sudah dapat dikendalikan, anggota  masih melakukan pengamanan di lapangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.