Obama Dukung Agresi Israel ke Gaza

  • Politik
  • 0
  • 17 Nov 2012 11:35

obama121117b.jpg
Liputan6.com, Washington DC: Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan dukungannya terhadap agresi militer Israel di Jalur Gaza. Sikap Obama ini dinyatakan usai berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, seperti dilansir AFP, Sabtu (17/11/2012).

Namun, Obama juga menyesalkan atas jatuhnya korban jiwa atas bentrokan yang kembali terjadi di Gaza. Seperti diketahui, konflik Israel dan Palestina kembali memanas sejak tewasnya pemimpin sayap militer Hamas (Brigade Al-Qassam) Ahmed Al-Jaabari bersama rekannya saat berada di mobil.

"Presiden menegaskan kembali dukungan AS terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri, serta menyampaikan penyesalan mendalam atas jatuhnya korban jiwa baik dari warga sipil Palestina maupun Israel," demikian pernyataan Gedung Putih.

Sementara itu, PM Netanyahu yang memulai dialog telepon tersebut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Obama atas investasi AS berupa roket Iron Dome dan sistem pertahanan mortar kepada Israel.

"Efektif melawan ratusan roket yang ditembakkan dari Gaza dan berhasil menyelamatkan banyak nyawa warga Israel," ungkap pernyataan tersebut dengan mengutip pernyataan Netanyahu.

Akan tetapi, pernyataan Gedung Putih ini tidak menjelaskan rencana lebih lanjut dari kedua negara, melainkan membicarakan cara untuk meminimalisir konflik yang terjadi.

Hingga saat ini, menurut beberapa pejabat Palestina, korban tewas dalam kekerasan yang meletus sejak Rabu sore (14/11/2012) menjadi 28 orang dan sedikitnya 270 orang cedera. (RZK)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler