Sukses

Wow, Ditemukan 11 Bayi Badak Jawa yang Langka

Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang dalam dua tahun terakhir menemukan 11 ekor anak badak Jawa bercula satu.

Liputan6.com, Pandeglang: Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang dalam dua tahun terakhir menemukan 11 ekor anak badak Jawa bercula satu.

"Dari hasil rekaman kamera pengintai  yang dipasang di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ditemukan 11 ekor anak badak bercula satu yang diperkirakan berumur satu-dua tahun," kata Kepala Balai TNUK Pandeglang Haryono di Pandeglang, Jumat (16/11/2012).

"Lima ekor anak badak tersebut diidentifikasi selama 2011, sedangkan enam ekor lainnya terekam selama periode Maret-Oktober 2012," katanya menambahkan.

Dipastikan, bahwa anak badak yang dilihat itu bukan anak badak yang dilihat sebelumnya. Fisik dan umurnya pun berbeda.

"Enam anak badak yang ditemukan 2012, diindetifikasi berusia di bawah satu tahun dengan jenis kelamin, dua betina dan empat jantan," katanya. Enam anak badak tersebut terekam kamera pengintai di Cikeusik Hulu, Curug Cigentar dan Hulu Cangkeuteu.

Indentifikasi dilakukan oleh tim dengan mengamati berbagai parameter kunci secara detail, yakni  ada tidaknya cula, morfologi tubuh (ukuran dan bentuk tubuh). Lalu setelah itu, barulah diperhatikan ciri khusus yang bersifat permanen (seperti bentuk cula, telinga, lipatan kulit, perilaku berjalan) dan ciri tidak permanen (seperti adanya luka dan bisul pada tubuh).

Keberadaan badak Jawa bisa terlindungi jika habitatnya tetap terjaga dengan baik. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.