Inilah Cara Pembuatan Kartu Sehat bagi Warga DKI

on

Liputan6.com, Jakarta: Bagaimana dan kapan warga DKI Jakarta bisa membuat kartu sehat? Lalu di mana saja kartu sehat bisa digunakan untuk berobat gratis dan apa saja penyakit yang ditanggung pengobatannya?

Sesuai janji saat kampanye, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meluncurkan kartu sehat pada 10 November lalu. Kartu sehat ini dibuat untuk memberikan layanan berobat gratis bagi warga DKI Jakarta. Bagaimana sebenarnya prosedur penggunaan kartu sehat?

Cara pembuatan kartu sehat penting untuk diketahui. Yang pertama, Anda harus tercatat sebagai penduduk DKI Jakarta. Untuk membuat kartu sehat, warga tinggal datang ke Puskesmas yang berada di wilayah DKI Jakarta dengan menunjukan KTP. Bagi anak-anak, cukup memperlihatkan kartu keluarga (KK).

Mengenai waktu pembuatan kartu sehat ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, pada saat berobat pun warga bisa langsung dibuatkan kartu sehat. Prosedur pembuatannya pun tidak rumit karena akan langsung diurus petugas Puskesmas.

Jadi, jika Anda dalam kondisi sehat, tidak mesti tergesa-gesa atau bahkan beramai-ramai membuat kartu sehat. Lantas, siapa saja yang bisa menggunakan kartu sehat? Ternyata kartu sehat bisa digunakan seluruh warga DKI Jakarta. Jadi, baik warga miskin maupun warga berkecukupan secara ekonomi dapat menggunakan kartu sehat. Asalkan mereka bersedia dilayani di Puskesmas, atau standar kelas tiga rumah sakit.

Apa saja penyakit yang bisa ditangani dengan menggunakan kartu sehat? Kartu sehat bisa digunakan untuk pengobatan seluruh penyakit. Bahkan penyakit berat seperti kanker pun bisa dilayani. Asalkan semuanya didasarkan pada indikasi medis. Selain itu, tidak ada batasan plafon biaya tanggungan.

Mungkin banyak juga di antara warga yang bertanya, di mana saja pengguna kartu sehat bisa dilayani? Penggunaan kartu sehat harus melalui Puskesmas. Puskesmas di seluruh DKI Jakarta akan melayani. Pengguna kartu sehat juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dirujuk oleh Puskesmas. (FRD)
Suka artikel ini?

0 Comments