Sukses

Ribuan Buruh Purwakarta Turun ke Jalan

Ribuan buruh di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (14/11/2012) kembali turun ke jalan menuntut UMK layak.

Liputan6.com, Purwakarta: Ribuan buruh di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (14/11/2012), kembali turun ke jalan. Mereka kecewa dengan keputusan Dewan Pengupahan yang tidak memenuhi tuntutan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar Rp 2 juta per bulan.
 
Aksi mogok kerja dilakukan buruh sejak Rabu pagi. Mereka berkonvoi dan berkumpul di Kawasan Bukit Indah menuju Kantor Bupati Purwakarta. Dalam tuntutannya, para buruh meminta Bupati Dedi Mulyadi bertanggung jawab atas keputusan Dewan Pengupahan yang menyatakan UMK tahun 2013 sebesar Rp 1, 3 juta per bulan.
 
Selain kecewa dengan sang Bupati, para buruh juga menuntut UMK tahun 2013 menjadi Rp 2 juta per bulan. Akibat aksi ini, sebagian besar buruh memilih tidak bekerja dan bergabung dengan ribuan buruh lainnya. "Libur, lagi demo untuk memperjuangkan upah layak," kata Yuyun kepada wartawan, Rabu (14/11/2012).
 
Untuk menghindari aksi anarkis dari para buruh, sejumlah polisi disiagakan. Selain itu, konvoi buruh menuju Kantor Bupati Purwakarta memaksa petugas mengalihkan arus lalu lintas di sejumlah titik.(ALI/YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini