Sukses

Ribuan Buruh di Jatim Sweeping Pabrik

Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia atau FSPMI sweeping puluhan pabrik di area Rungkut Industri, Jawa Timur (Jatim).

Liputan6.com, Surabaya: Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan sweeping puluhan pabrik di area Rungkut Industri, Surabaya, Jawa Timur.

Mereka mencoba memaksa buruh yang tengah bekerja ikut berunjuk rasa. Para buruh itu berunjuk rasa menuntut Gubernur Jawa Timur, untuk menaikkan upah minimum kota (UMK) dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2,2 juta.

Sementara itu, unjuk rasa ratusan buruh yang tergabung dari Serikat Pekerja Nasional di Jombang, Jawa Timur, dilaporkan berlangsung ricuh. Para buruh itu rencananya akan memblokir jalan, sehingga akhirnya mereka dibubarkan polisi karena mengganggu para pengguna jalan.

Dalam aksi ini, para buruh menuntut dihapuskannya sistem kontrak. Selain itu, mereka juga menuntut sepuluh buruh yang dipecat tanpa surat peringatan oleh PT Mentari agar dipekerjakan kembali. (TNT/FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.