Sukses

Gunung Lokon Meletus, Warga Tak Perlu Mengungsi

Warga sekitar Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, diimbau agar tidak mengungsi dan hanya diminta tidak melakukan aktivitas di sekitar 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau warga sekitar Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, agar tidak mengungsi. "Masyarakat belum perlu mengungsi. Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di sekitar 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan," Sutopo dalam siaran persnya, Ahad (11/11/2012).

Menurut Sutopo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah melaporkan ke Posko BNPB bahwa telah terjadi letusan Gunung Lokon. "Tampak samar-samar ketinggian kolom abu letusan 600 meter dari Kawah Tompaluan, tertiup angin ke arah Utara. Suara detuman terdengar hingga Pos Gunung Lokon atau Gunung Mahawu berjarak enam kilometer dari Kawah Tompaluan," jelasnya.

Ia menjelaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara dan Kota Tomohon saat ini telah berada di lokasi untuk melakukan pemantauan dan antisipasi yang diperlukan.

Hingga kini, lanjut Sutopo, Gunung Lokon masih status Siaga (level III) sejak ditetapkan Awas pada 10 Juli lalu. Sebelumnya juga terjadi letusan pertama 14 Juli, dan turun Siaga pada 24 Juli 2011. Hingga kini Lokon sering meletus dan belum stabil. "Tidak ada korban jiwa," imbuhnya.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.