Sukses

Mahasiswa Desak SBY Tuntaskan Kasus Semanggi

Puluhan mahasiswa berunjuk rasa di depan kampus Atmajaya mendesak Presiden SBY segera menuntaskan kasus Semanggi dan Trisakti.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aksi 14 Tahun Tragedi Semanggi, Kami Menolak Lupa, Ahad (11/11/2012) siang menggelar aksi damai di depan Kampus Atmajaya, Jakarta. Mereka mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera menuntaskan kasus Semanggi dan Trisakti. 
 
"Intinya kami menuntut kembali penuntasan kasus Semanggi dan Trisakti kepada Presiden SBY," ujar Patrick Ginting, Ketua bidang Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Atmajaya di sela-sela aksinya.
 
Selain itu, mereka juga mendesak Presiden SBY segera menyidik sejumlah tokoh yang diduga terlibat dalam kasus ini. Mereka menyebut sejumlah nama, di antaranya Sjafrie Sjamsoeddin, Prabowo Subianto, Noegroho Djayusman, Djaja Soeparman, dan Wiranto dengan menggunakan dan melanjutkan hasil penyelidikan KPP HAM Trisakti, Semanggi I dan II yang telah dikeluarkan Komnas HAM pada 2002 sebagai pijakan awal.
 
Aksi yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB ini digelar dengan memampangkan sejumlah foto korban Semanggi I dan II dan membentangkan spanduk untuk tandatangan sebagai bentuk dukungan dari masyarakat, khususnnya pengguna jalan yang melintas di lokasi aksi.
 
Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Peristiwa Semanggi yang diawali dengan pemutaran film dan pameran foto dua hari sebelumnya. "Puncak acara peringatan ini akan dilakukan unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Agung pada Selasa besok. Hari Senin kita menggelar doa di makam korban Semanggi," imbuh Patrick.(RZK/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini